80 Mal di Jakarta Kembali Dibuka Mulai 15 Juni 2020

JAWA TENGAH, Jatengpos.com – Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi sudah masuk ke dalam minggu kedua dan kini pemerintah sudah mengizinkan berbagai mal atau pusat perbelanjaan untuk kemabli beroperasi. Diketahui terdapat total 80 mal di wilayah Jakarta yang akan mulai buka pada Senin (15/6).

Kembali dibukanya sejumlah mal di Jakarta ini berdasarkan dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Nomor 131 Tahun 2020 mengenai Protokol Pencegahan Penularan Colid-19 bagian Sektor Usaha Pariwisata yang dilakukan secara bertahap.

Walau sudah mulai beroperasi secara bertahap, tidak semua kegiatan yang berada pada mal atau pusat perbelanjaan akan langsung dibuka. Terdapat beberapa tempat yang masih dilarang untuk dibuka, salah satunya adalah tempat bermain anak. Ini sesuai dengan pernyataan Gubernur DKI Jakarta.

“Bioskop, tempat kebugaran, dan juga tempat firnes center juga belum dibuka,” kata Anies berdasarkan dari rekaman Humas Pemprov DKI Jakarta, Kamis (11/6).

Ketua Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta, Ellen Hidayat, telah memastikan bahwa akan terdapat 80 mal yang sudah siap beroperasi namun dengan syarat menerapkan berbagai protocol kesehatan yang sudah dianjurkan. Hingga saat ini, pihaknya sedang menyempurnakan alat touchless agar lebih bisa menjamin keamanan hingga higienitas para pengunjung yang datang.

Berbagai protocol kesehatan yang dimaksud ini adalah dimulai dari pemakaian masker, pembatasan jarak antre sepanjang 1 meter antar pengunjung, pengecekan suhu tubuh (harus di bawah 37,5 derajat). Sedangkan untuk penggunaan lift sendiri, disebutkan bahwa maksimum orang di dalamnya adalah enam orang, bahkan disebutkan bahwa pembayaran ini diusahakan untuk cashless.

Ellen juga mengatakan bahwa mal atau pusat perbelanjaan akan selalu dibersihkan dengan penggunaan disinfektan setiap harinya. Pengunjung juga dilakukan adanya pembatasan hingga 50 persen. Bukan hanya pengunjung, pembatasan ini juga dilakukan untuk jumlah karyawan yang bertugas. Ini karena waktu operasional yang dilakukan saat ini belum penuh.

“Karyawan yang bertugas baru start 50 persen. Untuk jam bukanya sendiri dimulaid ari pukul 11.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB,” jelas Ellen.

Berbagai mal yang diketahui akan beroperasi pada Senin (15/6/2020) ini adalah Grand Indonesia, FX Sudirman, Plaza Atrium, Gajah Mada Plaza, Plaza Senayan, Senayan City, dan Mangga Dua Square. Ini khusus di kawasan Jakarta Pusat.

Terdapat juga Mal Taman Anggrek, Central Park Neo Soho, Kota Kasablanka, Lippo Mall Kemang, Gandaria City, Kuningan City, Mal Ciputra Jakarta, Epiwalk, Blok M Square, Season City, Pusat Grosir Cililitan (PGC), PIK Avenue, Baywalk Mall, Lippo Plaza Kramat Jati, hingga Lippo Mall Puri.

 

Sumber: Liputan6.com

0 Reviews

Write a Review

AdminJP

Read Previous

65.786 Pelanggan Mengadu Tagihan Listrik Membengkak ke PLN

Read Next

Pilot TNI AU Selamat dari Peristiwa Pesawat Jatuh di Kampar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *