ABK Jatuh dan Hilang di Laut Aru Saat Perbaiki Lampu

JAWA TENGAH, Jatengpos.com – Anak buah kapal (ABK) KM Astri 02 bernama Rizal (33) dinyatakan hilang terpeleset hingga jatuh dari atas kapal di perairan Laut Aru, Maluku. Dari laporan yang ada, Rizal diduga terpeleset ketika ia sedang memperbaiki lampu hingga ia terjatuh ke laut.

Menyadari bahwa anak buahnya hilang, nahkoda KM Astri 02 memutuskan untuk putar balik untuk mencari anak buahnya tersebut. Kepala Kantor Basarnas Ambon, Muslimin mengatakan bahwa peristiwa ini terjadi saat Sabtu (4/7/2020) malam.

“Laporan ini baru kami dapat dan langsung mengerahkan tim untuk membantu operasi pencarian,” sebut Muslimin, Minggu (5/7/2020).

Saksi juga mengatakan bahwa ia sempat melihat korban pada pukul 22.00 WIT dan saat itu masih memegang kendali kapal. Ketika itu nakhoda dan ABK lainnya tertidur. Nakhoda kapal saat kejadian mengaku masih sempat melihat korban sedang memegang kemudi kapal ketika terbangun pukul 24.00 WIT dan selanjutnya ia kembali tidur.

“Namun, saat memasuki pukul 01.30 WIT, nakhoda kembali terbangun namun tidak lagi melihat anak buahnya ada di atas kapal,” sebutnya.

Dengan kondisi tersebut, maka nakhoda langsung memutar balikan kapalnya dan juga memerintahkan awak kapal membantunya untuk melakukan pencarian.

Muslimin berpendapat bahwa saat itu kondisi dari lampu tiap buritan sedang rusak parah, ini membuat Rizal berinisiatif untuk memperbaikinya. Dari dugaan yang ada, ketika ia memperbaiki lampu, Rizal terpeleset dan terjatuh ke laut tanpa disadari oleh teman-temannya yang lain.

“Penyebab korban terjatuh ke laut ini diperkirakan karena ia terpeleset ketika mencoba untuk memperbaiki lampu yang rusak pada tiang buritan kapal,” sebutnya.

Setelah satu jam melakukan pencarian, nakhoda memutuskan untuk kembali ke dalam pangkalan PPN Ambon. Laporan terkahir pada Minggu petang, diketahui korban masih belum ditemukan. Bahkan Tim SAR gabungan bersama dengan rekan korban masih terus lakukan pencarian terhadap korban.

 

Sumber :

https://www.tribunnews.com/regional/2020/07/06/jatuh-dari-kapal-karena-terpeleset-saat-perbaiki-lampu-abk-hilang-di-laut-aru-nahkoda-putar-balik?page=2.

0 Reviews

Write a Review

AdminJP

Read Previous

Remaja Tewas saat Latihan Silat di Sukoharjo

Read Next

Kalung Antivirus Kementan akan Mulai dipasarkan Swasta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *