Alat Pengukur Suhu Tubuh Pakai Pemindai Wajah Buatan Dosen UGM

JAWA TENGAH, Jatengpos.com – Dosen Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (FT UGM)  kembangkan alat pengukur suhu tubuh dengan cara memindai wajah dan dikenal dengan Thermal Imaging. Thermal imaging ini bisa bekerja dalam jarak aman dan juga dilengkapi dengan sebuah kamera yang memiliki resolusi sebesar 160 pixel. Dengan begitu, tentu saja memungkinkan untuk melakukan pengukuran suhu tubuh dengan lebih cepat dan akurat.

Alat yang dikembangkan oleh Igi Ardiyanto bersama rekannya yaitu Addyn Suwastono dan Eka Firmansyah ini bisa mengukur suhu tubuh manusia tanpa harus didekatkan dengan objek atau bersentuhan secara fisik.

“Alat Thermal Imaging ini akan mengukur emisi dari termal/panas yang dipancarkan oleh objek yaitu manusia. Bukan hanya mengukur suhu, namun alat ini dilengkapi dengan fitur pendeteksi wajah dan fitur penggunaan masker,” jelas Igi, Kamis (25/6/2020).

Alat thermal imaging ini disusun dari berbagai komponen seperti termal kamera dan embedded PC speaker, dan juga gate. Penggunaan alat ini bisa bekerja dengan mengukur suhu tubuh berdasarkan radiasi termal objek, penggunaan masker, hingga memindai wajah. Data yang didapatkan nantinya akan diproses oleh Embeded PC dan memberikan hasil akhir berupa suara yang keluar dari speaker.

“Hasilnya nanti berupa suara seperti, “mohon maaf suhu badan anda melebihi batas normal. Lalu ketika kriteria yang ada terpenuhi, maka suara yang keluar adalah “akses diterima silakan masuk” lalu gate akan otomatis terbuka,” tutur Igi dikutip dari Humas UGM.

Selain bisa mengenali wajah, alat ini bisa mendeteksi penggunaan masker. Ketika objek tidak menggunakan masker, maka akses masuk ke dalam ruangan akan langsung ditolak. Alat ini dikembangkan untuk memasuki tatanan new normal khususnya dilingkungan kasus UGM.

Prototipe yang dibuat pada awal Juni 2020 sudah diapliksaikan di Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (DTETI) FT UGM. Dan rencana ke depannya, penggunakan alat ini akan digunakan di berbagai titik di lingkungan UGM.

Sumber:

https://jogja.suara.com/read/2020/06/25/220306/canggih-alat-pengukur-suhu-tubuh-buatan-dosen-ugm-ini-pakai-pemindai-wajah

 

0 Reviews

Write a Review

AdminJP

Read Previous

Sebelum ditahan 11 WNA Asal Nigeria Lukai Anggota Polda Metro Jaya

Read Next

Barista dimaki Konsumen Karena Ingatkan Pakai Masker Dapatkan Tip Rp 1.14 Miliar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *