Barista dimaki Konsumen Karena Ingatkan Pakai Masker Dapatkan Tip Rp 1.14 Miliar

JAWA TENGAH, Jatengpos.com – Di masa pandemi virus corona seperti ini, setiap orang tentu saja wajib untuk mematuhi protokol kesehatan. Apalagi ketika berada di ruang publik, salah satunya adalah ketika memesan minuman di kedai kopi. Berita ini datang dari salah satu barista bernama Lenin Gutierrez yang mana seorang pemuda berusia 24 tahun yang bekerja di Startbucks San Diego, Amerika Serikat. Dilansir dari CNN Internasional, peristiwa tidak mengenakan terjadi pada Senin, 22 Juni 2020.

Saat kejadian, Lenin sedang bekeja dan akan melayani seorang pelanggan perempuan yang masuk tanpa menggunakan masker. Ketika pelanggan ingin memesan kopi kepadanya, Gutierrez meminta pelanggan tersebut menggunakan masker terlebih dahulu. Sebelum menjelaskan perihal protokol kesehatan, wanita bernama Amber Luynn Gilles tersebut malah marah dan memakinya menggunakan kata-kata kasar.

Saat kejadian, Gilles memotret hingga mengunggah Gutierrez dalam laman akun Facebooknya. Unggahan foto tersebut menggunakan caption yang bertuliskan, “Ini Lenen, pegawai Starbucks yang menolak membuat pesananku karena aku tidak menggunakan masker. Lain kali aku akan menunggu polisi datang dan menunjukkan surat keterangan medis,” tulis Gilles.

Unggahan tersebut malah mengundang simpati warganet kepada sang barista. Salah satu orang yang tergerak atas perlakuan tidak mengenakan tersebut adalah Matt Cowan. Pemuda 26 tahun yang tidak mengenal Gutierrez secara pribadi ikut merasa kesal karena sang barista sudah melakukan hal yang benar namun diintimidasi. Akhirnya ia menggagas penggalangan tip untuk Gutierrez lewat GoFundMe.

Penggalangan dana tersebut memiliki nama “Tip untuk Lenin yang Berani Menghadapi Seorang Karen di San Diego.” Karen adalah istilah yang digunakan bagi pelanggan yang memarahi Gutierrez.

“Anda hanya perlu menggunakan masker demi keselamatan anda dan orang lain. Bahkan jika tidak nyaman menggunakan masker, Starbucks telah menyiapkan orang lain untuk mendapatkan kopi,” tutur Cowan.

Target awal pengumpulan tip tersebut hanyalah 1.000 dollar atau setara dengan Rp 14,3 juta. Namun kurang dari seminggu, ribuan orang telah menyumbang hingga mencapai 80.000 rivu dollar AS atau yang setara dengan Rp 1,14 miliar.

“Kenyataan bahwa tip tersebut kini mencapai lebih daru 65.000 dollar, membuat saya tidak tahu bagaimana harus mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan diberikan semua orang,” kata Gutierrez.

Gutierrez mengatakan bahwa uang tip dari GoFundMe tersebut akan ia gunakan untuk mengejar mimpi menjadi dancer dan juga menyumbangkan sebagiannya untuk organisasi di komunitas San Diego.

 

Sumber :

https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/29/180200965/barista-ini-terima-tip-rp-1-14-miliar-setelah-dimaki-karena-ingatkan?page=all#page2.

 

0 Reviews

Write a Review

AdminJP

Read Previous

Alat Pengukur Suhu Tubuh Pakai Pemindai Wajah Buatan Dosen UGM

Read Next

Pesepeda akan Miliki Regulasi Sendiri dari Kemenhub

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *