Cara Klaim Token Subsidi Listrik PLN Pelanggan 900 VA dan 1.300 VA

JAWA TENGAH, Jatengpos.com – Mulai hari ini pelanggan PLN yang memiliki daya listrik 900 VA dan 1.300 VA non subsidi sudah bisa mengklaim dan juga mendapatkan diskon listrik. Adanya subsidi listrik ini diberikan oleh Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) yang mana membuat Gerakan Light Up Indonesia lewat dana donasi yang sebelumnya telah dikumpulkan dari masyarakat yang ada di Indonesia.

Subsidi ini diberikan dengan total biaya listrik maksimal sebesar Rp 100.000. Bagi para pelanggan prabayar yang telah berhasil mendapatkan donasi, maka perlu untuk langsung mengklaim token lisrik. Klaim ini bisa dilakukan via WA PLN maupun lewat website yang sudah bisa dilakukan mulai Selasa (16/6/2020).

Bukan Juni ini, kuota yang bisa dialokasikan sebanyak 40.000 untuk penerima donasi listrik. Founder dan CEO Veronica Colondam mengatakan bahwa data yang masuk saat pendaftaran donasi listrik ini tercatat hingga 42.483 rekening listrik. Namun setelah dilakuakn verifikasi, data yang terkurasi hanya mencapai 39.210 rekening listrik. Data ini telah diserahkan kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Untuk mengklaim token subsidi listrik ini, Veronica mengimbau bagi masyarakat untuk memantau situs PLN dengan berkala yang mana ini terkait dengan program donasi listrik gratis. Situs PLN diketahui memberikan informasi mengenai status dari masyarakat yang lolos lewat sistem PLN. Ini karena subsidi ini tidak otomatis langsung masuk ke dalam rekening listrik penerima donasi, yang mana perlu untuk mengikuti sistem PLN.

Klaim donasi listrik ini sudah bisa dilakukan pada 16-30 Juni 2020. Bagi pelanggan yang menggunakan rekening prabayar, maka bisa langsung mencoba menggunakan via WhatsApp ke PLN atau mengunjungi website PLN. Untuk via WhatsApp sendiri, pelanggan bisa langsung chat ke 08122-123-123. Setelah melakukan chat, nanti hanya perlu mengikuti petunjuk selanjutnya seperti memasukkan ID pelanggan. Nantinya token gratis akan langsung muncul pada pelanggan ketika memasukkan meteran sesuai dengan ID pelanggan.

Sedangkan cara untuk mengklaim token listrik gratis ini lewat website PLN bisa langsung masuk ke dalam website www. pln.co.id, pengguna bisa langsung mencari menu pelanggan dan memilih stimulus Covid-19. Selanjutnya, bisa langsung masukkan data ID pelanggan maupun nomor meteran. Nantinya token listrik gratis ini akan langsung masuk pada tampilan layar.

Terdapat juga pelanggan yang tidak lolos untuk mendapatkan donasi karena beberapa faktor. Seperti format ID PLN yang tidak tepat, informasi yang diisi dinilai tidak sesuai dengan bukti foto yang telah diunggah, hingga foto yang diunggah tidak memenuhi permintaan informasi. Walau begitu, Veronica menambahkan bahwa masyarakat masih bisa mengajukan subsidi token listrik untuk bulan berikutnya. Tidak perlu menunggu 1 Juli, karena mendaftar saat ini sudah bisa diterima.

 

Sumber :

https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/16/060800865/dimulai-hari-ini-berikut-cara-klaim-token-subsidi-listrik-pln-pelanggan-900?page=2.

0 Reviews

Write a Review

AdminJP

Read Previous

15 Kg Sabu disita Setelah Anggota Sindikat Narkoba Tewas ditembak

Read Next

Buron FBI Russ Medlin ditangkap Polda Metro di Jakarta Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *