Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020 Bisa Dilihat di Berbagai Kota di Indonesia

JAWA TENGAH, Jatengpos.com – Gerhana Matahari Cincin sebentar lagi akan terjadi di sejumlah negara. Hanya beberapa negara yang bisa menyaksikan fenomena alam tersebut secara utuh dan Indonesia termasuk ke dalam negara yang bisa melihat Gerhana Matahari Sebagian.

Hanya 83 kota serta kabupaten saja yang diketahui bisa melihat fenomena Gerhana Matahari Sebagian pada akhir pekan ini. BMKG menjelaskan bahwa daerah yang tidak bisa menyaksikan fenomena alam gerhana matahari ini karena nilai magnitude gerhananya kurang dari 0.

“Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang akan terjadi pada 21 Juni 2020 dan yang hanya bisa dilihat dari Indonesia ini hanya sebagian. Kecuali di sebagai besar Jawa serta sebagian kecil Sumatera di bagian Selatan,” kutip keterangan resmi yang dirilis BMKG, Rabu (17/6/2020).

Dua kota ini berada di Bengkulu, tujuh kota di Lampung, Banten, DKI Jakarta, semua kota di Jawa Barat kecuali Indramayu, sepuluh kota di Jawa Tengah, tujuh kota di Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, semuanya tak bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian tersebut. Sedangkan tujuh kota di Papua tidak bisa mengamati karena saat fenomena terjadi, matahari sudah terbenam.

“Pengamat yang berada di garis oranye dan ungu ini terdapat 50 kota yang tersebar di Papua, Papua Barat, hingga sebagian besar Maluku yang tidak akan mengamati kontak akhir,” perjelas BMKG.

BMKG juga menjelaskan bahwa Gerhana Matahari Cincin ini terjadi ketika matahri, bulan, dan bumi berada segaris dan saat itu piringan bulan yang teramati dari bumi terlihat lebih kecil dari piringan matahari. Dari fenomena ini, matahari akan terlihat seperti cincin yang gelapnya akan berada di bagian tengah dan akan terlihat terang di bagian pinggirnya.

Bukan hanya di Indonesia, Gerhana Matahari Sebagian ini juga akan bisa dinikmati bagi berbagai warga negara di Africa (Utara dan Timur), wilayah Asia, Samudera Hindia, sebagian negara Eropa, wilayah Australia bagian Utara, dan Samudera Pasifik. Sementara Gerhana Matahari Cincin melewati Sudan Selatan, Kongo, Yaman, Ethiopia, India, Oman, Pakistan, Samudera Pasifik.

Perbedaan ini terjadi karena terdapat dua macam bayangan bulan yaitu antumbra dna penumbra. Berbagai wilayah antumbra, gerhana yang teramati ini akan berupa Gerhana Matahari Cinci. Sedangkan untuk wilayah penumbra ini gerhana yang bisa terlihat adalah Gerhana Matahari Sebagian.

 

Sumber :

https://travel.detik.com/travel-news/d-5058420/gerhana-matahari-cincin-bisa-dilihat-di-432-kota-di-indonesia?_ga=2.224997273.280196036.1592192851-661812167.1581327532

0 Reviews

Write a Review

AdminJP

Read Previous

Pedagang Positif Covid-19 Pasar Kebayoran Lama Jakarta Ditutup Sementara

Read Next

Gelar Rapid Test Unhas Temukan 17 Pegawai Kampus Reaktif Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *