Ilmuwan Buat Teknologi Logam Hidrofobik yang Tak Bisa Tenggelam

Ilmuwan membuat penemuan terbaru yang bisa memudahkan teknologi manusia ke depannya. Mereka berhasil menemukan sebuah logam yang tidak bisa tenggelam. Logam ini akan kembali mengapung ke permukaan ketika dipaksa ditenggelamkan. Teknologi ini bisa merevolusi bahan dasar kapal laut, sehingga walaupun karam akan tetap terapung.

Logam ini didesain untuk bisa memerangkap dan akan memiliki kantong udara. Hal ini disebut dengan teknologi hidrofobik atau teknologi anti air. Diketahui dari Phys bahwa teknologi ini terinspirasi dari binatang laba-laba air dan juga semut api. Jenis binatang tersebut memiliki bagian tubuh yang bisa memerangi air, hal ini juga sama dengan cara kerja logam tersebut.

Gambar Ilustrasi | Sumber : usinenouvelle

“Permukaan superhydrophobic (SH) multifaset dapat menjebak volume udara yang besar. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan permukaan SH untuk membuat perangkat yang terapung,” penjelasan peneliti bernama Chunlei Guo dalam jurnal ACS Applied Materials and Interfaces, yang dikutip dari laman resmi Universitas Rochester.

Walau logam ini diklaim tidak bisa, namun jika logam ini dipaksa tenggelam dalam jangka waktu tertentu, akan tetap bisa tenggelam. Ini karena logam lambat laun akan kehilangan sifat anti airnya (hidrofobik).

Dilansir dari BGR, para peneliti melakukan percobaan dengan menggunakan dua cakram logam yang serupa. Logam pertama ini dibuat normal, lalu logam yang kedua didesain dengan hidrofobik. Lalu ketika keduanya ditenggelamkan, logam kedua yang mengandung hidrofobik menolak tenggelam.

Penemuan ini jika dilanjutkan dan diterapkan pada desain kapal akan membuat kapal akan tetap terapung meski dalam keadaan rusak dan juga karam sekalipun.

 

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20191108173659-199-446722/ilmuwan-buat-logam-yang-tak-dapat-tenggelam

 

0 Reviews

Write a Review

AdminJP

Read Previous

Hati-hati Membeli Barang Designer Palsu Berikut Tipsnya

Read Next

Kevin – Marcus Sukses Pertahankan Gelar Juara Fuzhou China Open 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *