Indonesia Masuk Daftar Negara Berpenghasilan Menengah ke Atas

JAWA TENGAH, Jatengpos.com – Kementerian Keuangan mengklaim bahwa Bank Dunia kini telah menaikkan peringkat Indonesia dari negara pendapatan menengah (middle income country) menjadi negara yang memiliki penghasilan menengah ke atas (upper middle income country). Status negara berpenghasilan menengah ke atas ini diberikan mulai 1 Juli 2020 di tengah adanya ancaman resesi dari pandemi corona.

“Ini prestasi yang membanggakan. Kenaikan status ini diberikan berdasarkan penilaian yang diberikan oleh Bank Dunia terkini. GNI per capita Indonesia 2019 yang awalnya US$3.840 naik menjadi US$4.050,” jelas Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu Rahayu Puspasari.

Terdapat beberapa kategori yang dimiliki Bank Dunia berdasarkan dari GNI per capita yaitu low income (US$1.035), lower middle income (US$1.036-US$4.045), upper middle income (US$4.046-US$12.535), dan high income (di atas US$12.535).

Bank Dunia menggunakan klasifikasi ini menjadi salah satu faktor yang bisa menentukan suatu negara untuk memenuhi syarat guna menggunakan fasilitas dan juga produk seperti loan pricing (harga pinjaman). Rahayu menilai bahwa kenaikan status yang dimiliki Indonesia ini menjadi bukti adanya ketahanan ekonomi dan juga kesinambungan pertumbuhan yang terjaga dilihat dari beberapa tahun terakhir.

“Ini adalah upaya kerja keras dari masyarakat dan juga pemerintah dalam upaya untuk terus mendorong adanya pertumbuhan ekonomi yang inklusif, berkualitas, dan juga berkelanjutan,” tuturnya.

Adanya peningkatanan status yang dimiliki Indonesia menjadi negara berpenghasilan menengah ke atas ini tentu akan membuat posisi Indonesia menjadi lebih kuat atas kepercayaan dan persepsi investor, mitra datang, mitra bilateral, dan mitra pembangunan atas adanya ketahanan ekonomi Indonesia.

“Adanya kenaikan status ini menjadi tahapan strategis dan juga landasan kokoh untuk menjadi Indonesia maju 2045 dan menjadi ekonomi terbesar kelima di dunia,” sambung Rahayu.

 

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200702084219-532-519871/ri-naik-kelas-jadi-negara-berpenghasilan-menengah-ke-atas

 

0 Reviews

Write a Review

AdminJP

Read Previous

Terungkapnya Aksi Pasutri Pengoplos Daging Celeng di Bandung

Read Next

Kebijakan Baru Anies di Masa PSBB Transisi Fase Dua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *