Kalung Antivirus Kementan akan Mulai dipasarkan Swasta

JAWA TENGAH, Jatengpos.com – Kementerian Pertanian (Kementan) yang kini memproduksi kalung berbahan kayu putih (eucalyptus) akan memasarkan kalung aktivirus tersebut melalui pihak ketiga (swasta). Kalung antivirus ini akan dipasarkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang perminyakan yang memiliki bahan dasar tanaman eucalyptus.

Kementan memberikan penegasan bahwa kalung antivirus tersebut merupakan produk kesehatan dan bukan obat infeksi dari virus corona.

“Ini akan dipasarkan kepada perusahaan swasta pada waktu dekat,” sebut Kepala Balai Besar Penelitian Veteriner Kementan Indi Dharmayanti lewat keterangan tertulisnya, Minggu (5/7/2020).

Indie juga mengatakan bahwa inovasi yang dilakukan oleh Balibang Kementan mengenai produk ini masih masuk dalam tahap invitro.

“Ini bukan obat corona karena hingga kini riset masih terus berjalan. Produk ini merupakan ekstrak dengan metode desilasi untuk bisa membutuh virus yang kami gunakan di laboratorium. Virus yang bisa terbunuh oleh eucalyptus adalah influenza hingga corona,” sebutnya.

Keterangan yang sama juga diberikan oleh Dosen Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Dr. Zullies Ikawati yang memberikan dukungan dari upaya yang diberikan Kementan. Walau bukan obat, namun produk ini dinilai cocok bagi orang yang terkena virus covid-19.

“Ini bisa menjadi pendukung untuk gejala covid-19 sebagai inovasi yang bagus karena biasanya ciri-ciri yang dimiliki adalah sesak nafas. Maka tentu ini akan pas sekali,” sebutnya.

Walau begitu, Zullies juga mengatakan bahwa antivirus corona ini masih perlu melewati uji klinis dari tingkat seperti kementerian dan lembaga lain untuk pembuktiannya.

Bahkan Pusat Bioteknologi LIPI hingga kini masih mempertanyakan metodologi riset dan literature perihal khasiat dari kalung eucalyptus yang mana disebut ampuh membunuh virus corona. Bahkan Koordinator Kegiatan Uji Klinis dari Pusat Bioteknologi LIPI Masteria Yunovilsa Putra juga mengatakan bahwa klaim tersebut masih sebatas molecular docking atau penambatan molekul.

“Apakah dia sebagai inhibitor (zat yang menghambat laju reaksi kimia) atau tidak. Untuk secara based scientific yang konklusif maka diperlukan adanya pengujian dengan virusnya secara langsung,” tuturnya.

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200706091612-92-521237/kalung-antivirus-kementan-akan-dipasarkan-swasta

0 Reviews

Write a Review

AdminJP

Read Previous

ABK Jatuh dan Hilang di Laut Aru Saat Perbaiki Lampu

Read Next

Polisi Sebut Ledakan di Kawasan Menteng diakibatkan Low Explosive

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *