Masyarakat Aceh Bantu Pengungsi Rohingya Tuai Pujian Masyarakat Dunia

JAWA TENGAH, Jatengpos.com – Warga Desa Lancok menolong sebanyak 100 pengungsi asal Rohingya yang diketahui terombang-ambing di atas perahu yang berada di perairan Aceh Utara pekan lalu. Pengungsi ini meminta untuk disiapkan peruahu agar bisa melanjutkan perjalanan ke Australia.

Dikutip dari lama ABC Indonesia, Senin (29/6/2020) hingga kini, para pengungsi Rohingya tersebut telah mendapatkan berbagai bantuan seperti makanan dari warga sekitar yang ada di Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara. Informasi yang didapat disebutkan bahwa sebagian mereka masih memerluka berbagai bantaun medis karena berada di lauran selama lima bulan.

Rima Shah Putra dari  LSM Yayasan Geutanyoe du Aceh mengatakan bahwa sejumlah pengungsi perempuan mengalami masalah gatal-gatal dan juga kehigienisan. Bahkan pihak berwenang juga ikut melakukan tes virus corona dan hasilnya dapat dipastikan bahwa tidak ada yang tertular. Sebanyak 79 pengungsi seperti kaum perempuan dan anak-anak ditampung sementara lewat fasilitas imigrasi.

Rima juga mengatakan bahwa apra nelayan melakukan upaya pertolongan bagi para pencari suaka karena adanya pertimbangan hukum adat untuk mewajibkan mereka membantu siapa saja yang mengalami kesulitan di lautan.

Muhammad Thaib, Bupati Aceh Utara juga mengatakan bahwa pencari suaka Rohingya menyatakan keinginan mereka melakukan perjalanan ke Australia yang mana ini sudah dikomunikasikan dengan penerjemah.

“Mereka meminta kapal yang bagus agar bisa melanjutkan perjalanan ke Australia,” tuturnya. Pengungsi Rohingya mencoba untuk mencari kehidupan yang lebih baik di Australia. Sejumlah kalangan bahkan mendorong Indonesia dan Australia untuk membicarakan hal ini dengan Myanmar.

Perwakilan Badan Pengungsi PBB, Anne Maymann bahkan ikut memuji langkah yang dilakukan pemerintah setempat Aceh untuk memberikan izin para pengungsi tersebut untuk berlabuh.

“Indonesia sudah beberapa kali menjadi negara yang memberikan contoh baik bagi negara lain,” tuturnya.

Direktur Amnesty International Indonesia, Usman Hamid juga ikut memberikan pujian secara terpisah mengenai warga Aceh yang bisa menunjukan adanya aspek terbaik kemanusiaan.

“Mendaratnya pengsungsi Rohingya menjadi salah satu momen solidaritas dan optimisme karena masyarakat Aceh bernai untuk mengambil risiko agar anak-anak, perempuan, hingga laki-laki bisa dibawa ke pantai,” tuturnya.

Bahkan sebelumnya pada bulan Mei 2015, nelayan Aceh memberikan pertolongan sekitar 1.000 orang pengungsi Rohingnya untuk bisa tiba di provinsi tersebut. Sebagian dari warga Rohingya Muslin ini kini tanpa kewarganegaraan setelah berhasil melarikan diri dari penganiayaan brutal di Myanmar.

 

Sumber :

https://www.liputan6.com/global/read/4291641/warga-aceh-bantu-pengungsi-rohingya-tuai-pujian-masyarakat-dunia

 

0 Reviews

Write a Review

AdminJP

Read Previous

Pesepeda akan Miliki Regulasi Sendiri dari Kemenhub

Read Next

Sejumlah Negara Terapkan Kembali Lockdown Akibat Kasus Covid-19 Kembali Melonjak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *