Penumpang Positif Covid-19 Lolos Naik Pesawat Garuda

JAWA TENGAH, Jatengpos.com – PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk cabang Sorong mengaku bahwa pihaknya tidak mengetahui bahwa terdapat penumpang pesawat GA 682 yang tiba di Bandara Domine Eduard Osok Sorong dari Jakarta yang tercatat positif virus covid-19.

Manager Garuda Indonesia cabang Sorong Ranto Situmeang mengatakan belum mendapat laporan dari pusat bahwa ada penumpang yang dalam dokumen kesehatan dinyatakan positif Covid-19 naik pesawat GA 682 dari Jakarta menuju kota Sorong pada Sabtu (27/6) kemarin.

“Yang saya ketahui, di bandara maskapai tidak melakukan adanya pemeriksaan berkas protokol kesehatan. Itu merupakan kewenangan dari Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) bandara,” tutur Ranto Situmeang lewat pesan WhatsApp pada Senin (29/6).

Ia menilai bahwa maskapai hanya melakukan pemeriksaan tiket pesawat, lalu pemeriksaan dokumen kesehatan penumpang sesuai protokol covid-19 adalah urusan Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan. Maskapai juga diketahui hanya melakukan pemeriksaan KTP apakah sesuai dengan tiket penumpang ketiak melakukan boarding. Sedangkan untuk surat rapid test sendiri dan juga surat pemeriksaan laboratorium mengenai covid-19 ini merupakah ranah kewenangan dari KKP.

Keterangan terpisah juga diberikan oleh Koordinator KKP Bandara Domine Eduard Osok Sorong dr Farida Tariq yang mengatakan bahwa penumpang berinisial WY yang mana merupakan siswa program Adem asal Sorong Selatan tersebut dinyatakan positif covid-19 setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan ketika turun dari pesawat garuda Indonesia GA 682 pada Sabutu (27/6) pukul 06.20 WIT.

Setelah diketahui hasil test swabnya positif, maka penumpang langsung dibawa ke ruang isolasi Bandara Domine Eduard Osok Sorong untuk ditangani lebih lanjut. Penumpang langsung dijemput oleh tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kota Sorong untuk melaksanakan karantina.

Diketahui penumpang yang naik dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta tetap dilakukan pemeriksaan sesuai dengan protokol kesehatan. Ini karena banyaknya penumpang dan juga petugas kesehatan KKP terbatas sehingga membuat petugas kewalahan ketika melakukan pemeriksaan dokumen kesehatan sehingga bisa lolos.

 

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200629080658-92-518460/garuda-tak-tahu-angkut-penumpang-positif-covid-19-di-pesawat

0 Reviews

Write a Review

AdminJP

Read Previous

Mahasiswa AKA Bogor Tewas Tenggelam di Pulau Manuk

Read Next

Sebelum ditahan 11 WNA Asal Nigeria Lukai Anggota Polda Metro Jaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *