Perpanjangan SIM kini Bisa Layani Masyarakat dari Rumah

JAWA TENGAH, Jatengpos.com – Kepolisian kini berikan inovasi terbaru dengan layanan bagi masyarakat yang ingin memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) internasional lewat rumah. Hal ini dilakukan oleh Polres Bangka Tengah (Bateng). Polres Batang memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan SIM internasional. Kini masyarakat tidak perlu lagi repot pergi ke Samsat karena perpanjangan ini bisa dilakukan di dalam rumah.

Untuk melakukan perpanjangan tersebut, pemohon hanya perlu untuk menunggu di dalam rumah karena SIM yang diperpanjang akan langsung dikirimkan sesuai dengan alamat. Kabag Ops Polres Bateng, AKP Yudha Wicaksono juga menyebutkan bahwa Korlantas Polri ingin melakukan adaptasi tatanan New Normal yang mana kini memungkinkan untuk perpanjangan SIM dan ini bisa diproses tanpa kehadiran dari pemohon.

“Kini masyarakat bisa memanfaatkan jasa pengiriman untuk mengirim buku dari SIM Internasional ke alamat rumah pemohon,” sebut Yudha dilansir dari situs resmi Korlantas Polri.

Seseorang bisa langsung melakukan akses ke www.siminternasional.korlantas.polri.go.id atau bisa langsung melakukan penelusuran dengan kata kunci SIM Internasional lewat browser yang ada di handphone. Setelah itu seseorang hanya perlu melakukan registrasi secara online dan juga mengisi data diri seperti foto KTP, foto Paspor, foto KITAP bagi WNA, mengupload foto SIM yang masih berlaku, hingga pas foto yang memiliki latar belakang putih dan juga foto tanda tangan.

Dengan kelengkapan data diri ini, maka selanjutnya pemohon akan langsung menerima nomor rekening pembayaran lewat Briva Bank BRI agar bisa melakukan pembayaran PNBP SIM Internasional dan juga jasa pengiriman.

“Bukti pembayaran ini nantinya akan langsung dikirim lewat email. Pembayaran ini bisa dilakukan secara non tunai baik lewat ATM, M-Banking, Internet Banking hingga setor tunai lewat Bank,” perjelasnya.

 

Sumber :

https://www.pikiran-rakyat.com/otomotif/pr-01585615/gak-perlu-repot-antri-perpanjang-sim-kini-bisa-dari-rumah?page=2

 

0 Reviews

Write a Review

AdminJP

Read Previous

Pria Tewas dengan Nadi Putus Bersimbah Darah di Kamar Hotel Kawasan Puncak

Read Next

Analisis BMKG Terkait Gempa M 6,1 di Jepara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *