Pesantren Gontor diisolasi Akibat Santri Positif Corona

JAWA TENGAH, Jatengpos.com – Pondok Pesantren Gontor 2 yang berlokasi di Kecamatan Siman, Ponorogo, Jawa Timur, diisolasi setelah ditemukan hasil salah satu santrinya terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan hasil temuan ini, maka dikhawatirkan santri yang ada di gontor yang positif corona ini menulari santri lainnya.

“Untuk sementara ini, pondok sedang melakukan tracing kepada kontak erat dari santri yang positif corona,” sebut Bupati Ponorogo Ipong Muslchlisoni dalam siaran pers sebagaimana diterima oleh Antara, Senin (6/7).

Bukan hanya menerangkan mengenai penelusuran, kontak erat yang berhubungan dengan santri Gontor yang dinyatakan positif Corona ini langsung diisolasi dari warga pondok yang lain. Dari adanya penemuan ini, tim kesehatan yang berasal dari Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 akhirnya melakukan beberapa test seperti rapid test dan juga swab test (test usap).

“Sementara waktu, warga ponpes yang ada di dalam wilayah tidak diperbolehkan untuk keluar dari pondok, selain itu juga tidak diperbolehkan untuk untuk menerima tamu kunjungan baik yang memiliki keperluan kecuali untuk pemenuhan kebutuhan pokok dan juga pelayanan kesehatan,” sebutnya.

Ipong juga memberikan kepastian untuk melakukan pengawasan dan pemantauan dari pelaksanaan isolasi yang ada di dalam pondok.

“Upaya ini diharapkan bisa mengendalikan penyebaran dan mencegah penularan lebih luas,” sebutnya.

Santri Ponpes Gontor 2 yang berasal dari Sidoarjo ini sebelumnya datang ke dalam pondok pada 17 Juni yang mana ia diketahui tidak membawa surat keterangan hasil pemeriksaan dengan tes cepat. Sebelumnya, yaitu dua pekan berlalu, Dinkes Jatim mengkonfirmasi bahwa orang tua (bapak) santri yang berasal dari Sidoarjo ini dinyatakan positif Covid-19.

Dengan adanya temuan ini, maka Dinkes Ponorogo langsung mengambil langkah dengan melakukan swab test kepada santri asal Sidoarjo yang mana hasilnya memberikan hasil positif Covid-19.

“Saat ini santri yang bersangkutan sudah diisolasi di rumah sakit. Sementara di pondoknya, diberlakukan tracing kepada kontak erat,” tuturnya.

Penambahan kasus yang ada dalam lingkungan pesantresn ini awalnya muncul konfirmasi satu kasus di Ponorogo yang mana sebelumnya dilakukan swab test kepada anak umur 6 tahun dan juga Ibunya (pasien 44) yang mana lebih dahulu teridentifikasi Covid-19.

Dari hasil tersebut jumlah kasus terkonirmasi positif Covid-19 di Ponorogo dari awal pekan kedua Juli ini tercatat hingga 56 orang. Dari hal tersebut, jumlah pasien ini mencapai 32 orang yang mana dinyatakan sudah sembuh. Sisanya menjalani isolasi mandiri di rumah dan juga rumah sakit.

“Di Ponorogo sendiri ada tiga pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang mana dinyatakan meninggal,” sebutnya.

Maka dengan kelurnya test swab dari Santri Gontor yang positif corona ini, maka Pondok Pesantren Gontor 2 di Ponorogo, Jawa Timur, diisolasi sementara waktu.

 

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200707071532-20-521614/santri-gontor-positif-corona-pesantren-diisolasi

 

0 Reviews

Write a Review

AdminJP

Read Previous

Analisis BMKG Terkait Gempa M 6,1 di Jepara

Read Next

Sanksi Bagi Pelanggar Hukum yang Mencelakai Pesepeda dinilai Ringan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *