Pesepeda akan Miliki Regulasi Sendiri dari Kemenhub

JAWA TENGAH, Jatengpos.com – Selama pandemi corona di Indonesia, kini sudah banyak masyarakat yang memilih alternatif olahraga menggunakan sepeda. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kini diketahui sedang membahas mengenai soal regulasi bagi pesepeda yang ada di jalan raya. Hal paling penting yang akan diatur adalah mengenai aspek keselamatan.

“Bukan perihal regulasi terkait pajak sepeda, yang benar Kemenhub dengan menyiapkan regulasi untuk mendukung keselamatan para pesepeda. Ini juga dilakukan untuk menyikapi maraknya penggunaan sepeda sebagai sarana transportasi oleh masyarakat,” kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati lewat keterangannya, Selasa (30/6/2020).

Di masa adaptasi kebiasaan baru ini, regulasi pesepeda diperlukan karena banyaknya minat masyarakat untuk bersepeda. Regulasi ini penting untuk mengatur sisi keselamatan para pekerja.

“Masa transisi adaptasi kebiasaan baru seperti sekarang ini terdapat peningkatan dari jumlah pesepeda terutama di kota besar seperti Jakarta. Maka regulasi seperti pengaturan untuk alat pemantul cahaya bagi pesepeda, jalur sepeda untuk penggunaan alat keselamatan lainnya untuk pesepeda,” tutur Adita.

Adita ikut menambahkan bahwa dilihat dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, sepeda termasuk ke dalam kendaraan yang tidak bermotor. Maka pengaturan ini bisa dilakukan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Pada prinsipnya kami sangat setujud dengan adanya aturan penggunaan sepeda yang mana terdapat animo masyarakat yang semakin tingggi dan juga diikuti dengan perlindungan bagi keselamatan pesepeda. Kami akan dorong pemerintah daerah untuk segera mengatur penggunaan sepeda, minimal dengan menyiapkan infrastruktur jalan dan ketentuan lain untuk mengatur pesepeda di wilayah masing-masing,” tuturnya.

 

Sumber :

https://news.detik.com/berita/d-5073486/kemenhub-siapkan-regulasi-untuk-mengatur-pesepeda

 

0 Reviews

Write a Review

AdminJP

Read Previous

Barista dimaki Konsumen Karena Ingatkan Pakai Masker Dapatkan Tip Rp 1.14 Miliar

Read Next

Masyarakat Aceh Bantu Pengungsi Rohingya Tuai Pujian Masyarakat Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *