Sejumlah Negara Terapkan Kembali Lockdown Akibat Kasus Covid-19 Kembali Melonjak

JAWA TENGAH, Jatengpos.com – Peningkatan kasus Virus Corona COVID-19 diketahui kembali melonjak di beberapa negara. Kasus SARS-CoV-2 yang semakin bertambah ini mendorong berbagai pihak dunia untuk kembali melakukan lockdown, seperti India dan Amerika.

Dirjen Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus memberikan penjelasan bahwa pandemi Virus Corona jenis baru ini masih jauh dari kata tuntas.

“Umumnya tiap orang tetap rentan dan membuat virus ini masih leluasa untuk bergerak,” tutur Tedors dikutip dari VOA Indonesia, Senin (29/6/2020).

Per hari Senin, India sudah melaporkan bahwa sebanyak 20.000 tambahan kasus yang bertambah dalam satu hari dan ini sudah terkonfirmasi. Negara ini berada di belakang Amerika, Brasil, hingga Rusia jika dilihat dari total kasus sejak pandemi dimulai akhir tahun di China.

Sedangkan di Amerika, Florida, Texas, California, dan Arizona sendiri menjadi empat negara bagian yang mengalami peningkatan kasus. Kasus Virus Corona COVID-19 global ini memilii peningkatan yang mencapai 10,2 juta dan jumlah kematian yang mencapai hampir 503 ribu jika dilihat dari Johns Hopkins University.

WHO ikut menjelaskan bahwa angka penularan virus ini belum melambat karena dengan jumlah penularan yang bisa mencapai 20 juta orang di bulan September. Pandemi Virus Corona COVID-19 sudah terkonfirmasi berada di 210 negara, kecuali benua antartika.

Virus Corona ini menjadi penyebab kematian sebanyak 500 ribu orang yang ada di seluruh dunia. Virus ini pertama kali menyebar di China dan dilaporkan ke WHO pada 31 Desember 2019 mengenai adanya radang paru-paru di Wuhan.

Angka penularan tersebut mulai bisa dikendalikan ketika kota Wuhan menerapkan ‘lockdown’ dan juga adanya kebijakan ‘social distancing’ hingga peningkatan jumlah tes. Sejak akhir Februari, korban kematian ini paling banyak terjadi di luar China.

 

Sumber :

https://www.liputan6.com/global/read/4292236/kasus-corona-covid-19-melonjak-sejumlah-negara-terapkan-lockdown-lagi

 

0 Reviews

Write a Review

AdminJP

Read Previous

Masyarakat Aceh Bantu Pengungsi Rohingya Tuai Pujian Masyarakat Dunia

Read Next

Ahli Sebut Flu Babi Jenis Baru di China Miliki Potensi Jadi Pandemi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *