Tambal Ban Mobil Mencapai Harga Rp 600 Ribu di Jawa Timur

JAWA TENGAH, Jatengpos.com – Terdapat fenomena tambal ban dengan biaya mahal sebesar Rp 600 ribu yang terjadi di Banyuwangi, Jawa Timur, baru-baru ini. Ini dimulai dari munculnya sebuah foto kuitansi dengan biaya tambal ban yang tertulis dengan nominal Rp 600 ribu untuk melakukan ongkos jasa dan jenis tambal ban.

Dari foto kuitansi tersebut dituliskan 2 bongkar pasang Rp 50 ribu dan press silicon Rp 550 ribu. Dalam kuintansi juga tertera nama bengkel yaitu Dian Tubeles yang memiliki alamat di Jalan Dr Soetomo, Banyuwangi. Fenomena tersebut pun menuai komentar dari PG-On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal yang menyebutkan bahwa ia merasa heran dan juga menganggap harga tersebut tidak masuk akal.

“Baru pertama kali saya mendengar hal tersebut dan membayangkan tekniknya seperti apa hingga harganya Rp 600 ribu,” sebut Zulpata lewat sambungan telepon, Senin (6/7/2020).

Zulpata juga memberikan tambahan bahwa dengan ongkos tambal ban seharga tersebut dinilai masih cukup mahal bahkan untuk ban truk ukuran besar sekali pun. Ini karena membandingkan harga yang mana terdapat ban baru yang memiliki harga tersebut,” sebutnya.

Pemilik bengkel Dian Tubles, Acey Sucahyono memberikan penjelasan bahwa proses press silicon yang ia gunakan sangat berbeda dari proses penambalan ban pada umumnya. Ini dimulai dengan proses ban dengan keadaan rusak yang diberikan soda api dan setelah itu di-blower agar kering.

Dijelaskan juga bahwa bekas kerusakan ini akan digerinda untuk membuat luka ban menjadi merekat dan akan ditempel lem dan di-press dengan suhu yang panas. Selanjutnya, ban yang berlubang ini akan diberi cairan silicon rubber impor sehingga mengkristal yang mana kemudian akan ditempel dengan lem Maruni. Ketika sudah tuntas pengepresan dengan suhu tinggi, maka ban akan yang diperbaiki tersebut harus di-blower agar dingin dan membutuhkan pengawasan ekstra.

Zulpata memberikan keterangan bahwa ketika memberikan bahan silikon ke ban ini akan menimbulkan efek yang negative untuk kenyamanan ban ketika mobil digunakan untuk berkendara.

“Ban yang menggunakan silikon ini akan menambah beratnya, lalu bagaimana dengan sistem balancingnya,” sebut Zulpata.

 

Sumber :

https://oto.detik.com/berita/d-5082812/tambal-ban-mobil-sampai-rp-600-ribu-produsen-ban-nggak-masuk-akal?_ga=2.208733586.1289350598.1594007857-661812167.1581327532

0 Reviews

Write a Review

AdminJP

Read Previous

Remaja 14 Tahun diduga diperkosa Petugas P2TP2A Lampung Timur

Read Next

Bayi dijual Rp 20 Juta Lewat Facebook Libatkan Bidan di Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *