Tanpa Peresmian Tol Desari Akan Langsung Beroperasi

JAWA TENGAH, Jatengpos.com – Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit memastikan bahwa Jalan Tol Depok-Antasari (Desari) Seksi II akan beroperasi tanpa adanya peresmian.

“Tol Desari sendiri akan dioperasikan tanpa adanya peresmian,” ucap Danang dilansir dari Kompas.com, pada Kamis (18/6/2020).

Walau begitu, Danang tidak menyebutkan secara pasti bahwa kapan jalan bebas hambatan yang memiliki panjang 6,3 kilometer ini yang mana bisa menghubungkan Brigi-Sawangan ini bisa resmi beroperasi. Mengutip dari Monitoring Konstruksi Jalan Tol Jabodetabek, Tol Desari Seksi II ini beroperasi Mei 2020.

Progres konstruksi yang telah mencapai 100 persen ini, Seksi III Sawangan-Bojong Gede belum memulai konstruksinya dengan progress pengadaan lahan yang hingga saat ini baru mencapai 4,45 persen. Untuk Seksi IV Bojong Gede-Salabenda sendiri belum dilakukan proses pengadaan lahan. Jalan Tol Desari ini akan dirancang dengan total panjang keseluruhan 21,6 kilometer dan juga terbagi dalam empat Seksi.

Proyek dari pembangunan jalan tol ini sendiri termasuk ke dalam salah satu contoh kerja sama yang dilakukan antara swasta dengan pihak BUMN yaitu PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP), PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, dan juga PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) proyek ini dilakukan pada tahun 2006 silam dengan proyeksi investasi yang mencapai Rp 2,99 triliun. Dengan rincian biaya Rp 1,46 triliun kebutuhan konstruksi dan juga Rp 769 miliar yang dialirkan untuk biaya pengadaan tanah.

Jalan bebas hambatan atau Tol Desari ini adalah satu dari 15 tol yang diresmikan tahun ini oleh Presiden Jokowi. Dari jumlah 14 jumlah tol lainnya, telah ditemukan kemajuan konstruksi yang mencapai 97,99 persen.

 

Sumber :

https://properti.kompas.com/read/2020/06/18/194040121/tol-desari-akan-beroperasi-tanpa-peresmian?page=all.

 

0 Reviews

Write a Review

AdminJP

Read Previous

UFO Balon Salib Muncul Lalu dikejar Hilang di Jepang

Read Next

Efek Virus Corona Limbah Masker Bertebaran di Lautan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *